Tips dan Tips Bios Tidak Bisa Dibuka


Salah satu masalah yang timbul ketika anda menggunakan computer atau laptop adalah masalah pada kamputer atau laptop yang dimana bios tidak bisa dibuka. Suatu hari anda akan mengkonfigurasi BIOS karena ingin melakukan  booting dari CD ROM. Ternyata BIOS menanyakan password untuk membukanya , anda bingung karena anda lupa passwordnya.

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan antara lain.

1. Jika motherboard anda dilengkapi dengan jumper untuk mereset password/BIOS anda bisa lakukan dengan mengubah posisi jumper ini.

2. Cara mengubah posisi jumper, jumper biasanya terpasang diatas 3 pin. Untuk setingan awal biasanya jumper diposisi pin 1 dan 2 , sedangkan pin 3 tidak di isi. Jika anda ingin mereset biosnya  maka anda hanya perlu memindahkan posisi jumpernya yang awalnya di posisi 1 dan 2 cabut dan pasang lagi dengna posisi 2 dan 3 . setelah selesai memasang pinnya diamkan computer anda kurang lebih 5 menit. Setelah 5 menit cabut lagi jumpernya dan kembalikan kepsosisi semula yaitu diposisi 1 dan 2 sedangkan posisi pin 3 tidak di isi. Dan jangan lupa setting ulang biosnya, jam, tanggal dan tahunnya. Peringatan untuk melakun pemindahan jumper cemaos computer harus dalam kondisi mati total tidak boleh ada arus listrik yang mengalir dikomputer anda.

3. Jika computer anda tidak dilengkapi dengan jumpur untuk melakukan reset password/ BIOS maka anda bisa melakukan dengan cara lain yaitu dengan cara  mencabut baterei CMOS yang terpasang di motherboard, Diamkan terlebih dahulu beberapa menit dan pasang kembali dan pasang kembali baterai CMOSnya , dengan cara ini maka settingan BIOS anda akan kembali ke awal.

Demikianlah penjelasan tentang Tips dan Trik Bios Tidak BIsa Dibuka semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi anda, jangan lupa berikan komentar dan saran anda untuk memperbaiki kekurangan didalam postingan saya, untuk memberikan komentar anda bisa melakukannya dengan mengisi kolom komentar dibawah ini.

SHARE

Penulis

Saya telah menyediakan layanan kolom komentar dibawah ini. Silakan anda berkomentar dengan baik dan sopan, dan gunakanlah kata – kata yang mudah dipahami. Saya mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena saya tidak online 24 jam.

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar